Minggu, 12 Agustus 2012

PLPG LPMP DKI

       PLPG selesai sudah hari ini. Selain otak dan fisik yang lelah, banyak ilmu yang didapat selama mengikuti kegiatan PLGP di LPMP DKI yang dilaksanakan sejak tanggal 3 Agustus sampai tanggal 11 Agustus 2012. Kegiatan di mulai dari jam 7.00 - 5.10 WIB. Hari pertama, kedua dan ketiga , membahas tentang "Profesi Guru, "Perkembangan Anak", "Pembelajaran Matematika", "Pembelajaran Sains", "Pembelajaran Bahasa" , peserta mendengarkan kuliah yang disampaikan para instruktur plus tanya jawab jika ada yang perlu di jelaskan dan disampaikan .Hari berikutnya dilanjutkan dengan membahas "Peng. Studi Sosial", "Peng. Motorik", "Model Pembelajaran" dan "PTK" selama dua hari. Hari kelima, para peserta sudah mulai mencari judul dan mengerjakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Selain PTK, peserta juga mengerjakan RKH, RKM, Assesmen yang sudah harus dikumpulkan hari berikutnya sebagai persiapan sekaligus membuat media untuk pembelajaran dan menghias kelas dimana Peer Teaching berlangsung. Peer Teaching sendiri dilakukan selama dua hari di hari ke tujuh dan delapan. Dan hari terakhir, ujian UKA (Uji Kompetensi) tahap dua. 

     Setiap  instruktur memiliki perbedaan cara menjelaskan dan menyampaikan mengenai kegiatan-kegiatan yang harus di kerjakan oleh para peserta PLPG, meskipun tetap pada tujuan yang sama. Diantara kegiatan-kegiatan di atas, membuat PTK, RKH, dan RKM yang paling menguras tenaga dan pikiran. Sebab, harus dikerjakan dalam satu hari. Itu artinya, banyak pekerjaan yang harus dilakukan tepat waktu, mengingat waktu yang terbatas yang harus disesuaikan dengan jadwal.  

     Dan alhamdulillah, semua itu terlewati dengan baik. Namun begitu masih harus menunggu pengumuman hasil UKA tahap dua. Semoga, semuanya sesuai seperti apa yang diharapkan dengan hasil yang memuaskan, amin. Untuk itu, penulis ingin memberikan sedikit ilmu dari kegiatan selama PLPG, yaitu susunan cara penulisan PTK untuk TK. Ilmu ini di dapat langsung dari salah satu pakar kurikulum Universitas Negeri Jakarta, bapak H. Nurdin beserta Para Instruktur lain yang begitu memberikan pencerahan. Sebagai ungkapan rasa terima kasih penulis kepada para instruktur PLPG LPMP DKI rayon 109, tentunya penulis bisa berbagi disini untuk teman-teman guru yang nantinya akan mengikuti PLPG tahapan selanjutnya. Semoga bermanfaat.


Langkah-langkah pembuatan PTK:    


Judul

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
B.  Rumusan Masalah
C.  Tujuan Penelitian
D.  Manfaat Penelitian     
        1. Secara Teoritis
        2. Secara Praktis

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.  Deskripsi Teori
        1. Hakekat...? (Variabel 1)
            a.  Pengertian
            b.  Jenis-Jenis
            c.  Faktor-faktor yang mempengaruhi
        2. Hakekat...? (Variabel 2)
            a.  Pengertian
            b.  ...dsb
B.  Penelitian Relevan
C.  Kerangka Berfikir
D.  Hipotesis Tindakan

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A.  Setting Penelitian
        1. Tempat Penelitian
        2. Waktu Penelitian     
B.  Metodologi Penelitian
C.  Siklus Penelitian
        1. Perencanaan
        2. Aksi/Tindakan
        3. Observasi
        4. Refleksi
D.  Kriteria keberhasilan
E.  Instrumen Penelitian
F.   Analisis Data
G.   Kolaborasi
H.  Jadwal Penelitian


           







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Drop the text here and
Do not copy without permission by Arza-mee'

Protected by Copyscape Online Plagiarism Tool
Protected by Copyscape Online Plagiarism Toolion-contents>