PLPG selesai sudah hari ini. Selain otak dan fisik yang lelah, banyak ilmu yang didapat selama mengikuti kegiatan PLGP di LPMP DKI yang dilaksanakan sejak tanggal 3 Agustus sampai tanggal 11 Agustus 2012. Kegiatan di mulai dari jam 7.00 - 5.10 WIB. Hari pertama, kedua dan ketiga , membahas tentang "Profesi Guru, "Perkembangan Anak", "Pembelajaran Matematika", "Pembelajaran Sains", "Pembelajaran Bahasa" , peserta mendengarkan kuliah yang disampaikan para instruktur plus tanya jawab jika ada yang perlu di jelaskan dan disampaikan .Hari berikutnya dilanjutkan dengan membahas "Peng. Studi Sosial", "Peng. Motorik", "Model Pembelajaran" dan "PTK" selama dua hari. Hari kelima, para peserta
sudah mulai mencari judul dan mengerjakan PTK (Penelitian Tindakan
Kelas). Selain PTK, peserta juga mengerjakan RKH, RKM, Assesmen yang
sudah harus dikumpulkan hari berikutnya sebagai persiapan
sekaligus membuat media untuk pembelajaran dan menghias kelas dimana
Peer Teaching berlangsung. Peer Teaching sendiri dilakukan selama dua hari di hari ke tujuh dan delapan. Dan hari terakhir, ujian UKA (Uji Kompetensi) tahap dua.
Dan alhamdulillah, semua itu terlewati dengan baik. Namun begitu masih harus menunggu pengumuman hasil UKA tahap dua. Semoga, semuanya sesuai seperti apa yang diharapkan dengan hasil yang memuaskan, amin. Untuk itu, penulis ingin memberikan sedikit ilmu dari kegiatan selama PLPG, yaitu susunan cara penulisan PTK untuk TK. Ilmu ini di dapat langsung dari salah satu pakar kurikulum Universitas Negeri Jakarta, bapak H. Nurdin beserta Para Instruktur lain yang begitu memberikan pencerahan. Sebagai ungkapan rasa terima kasih penulis kepada para instruktur PLPG LPMP DKI rayon 109, tentunya penulis bisa berbagi disini untuk teman-teman guru yang nantinya akan mengikuti PLPG tahapan selanjutnya. Semoga bermanfaat.
Langkah-langkah pembuatan PTK:
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
1. Secara Teoritis
2. Secara Praktis
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Deskripsi Teori
1. Hakekat...? (Variabel 1)
a. Pengertian
b. Jenis-Jenis
c. Faktor-faktor yang mempengaruhi
2. Hakekat...? (Variabel 2)
a. Pengertian
b. ...dsb
B. Penelitian Relevan
C. Kerangka Berfikir
D. Hipotesis Tindakan
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Setting Penelitian
1. Tempat Penelitian
2. Waktu Penelitian
B. Metodologi Penelitian
C. Siklus Penelitian
1. Perencanaan
2. Aksi/Tindakan
3. Observasi
4. Refleksi
D. Kriteria keberhasilan
E. Instrumen Penelitian
F. Analisis Data
G. Kolaborasi
H. Jadwal Penelitian
1. Hakekat...? (Variabel 1)
a. Pengertian
b. Jenis-Jenis
c. Faktor-faktor yang mempengaruhi
2. Hakekat...? (Variabel 2)
a. Pengertian
b. ...dsb
B. Penelitian Relevan
C. Kerangka Berfikir
D. Hipotesis Tindakan
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Setting Penelitian
1. Tempat Penelitian
2. Waktu Penelitian
B. Metodologi Penelitian
C. Siklus Penelitian
1. Perencanaan
2. Aksi/Tindakan
3. Observasi
4. Refleksi
D. Kriteria keberhasilan
E. Instrumen Penelitian
F. Analisis Data
G. Kolaborasi
H. Jadwal Penelitian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Drop the text here and
Do not copy without permission by Arza-mee'