Sentra Sains
Tema/Sub tema : Tanaman/Apel
Sentra :Sains
Guru : ...
Judul Kegiatan : 1. Klasifikasi Buah Apel
2. Pencampuran Warna
3. Membuat Sop Buah
Hari/Tanggal : ...
Jumlah Siswa : ...
Durasi : ...menit
Usia Siswa : 5-6 Tahun
Pra Pengalaman : Anak sudah pernah mengenal apel
Anak sudah pernah mengenal warna
Anak sudah pernah mengenal macam-macam buah
Tujuan
Pembelajaran : Kegiatan 1
- Anak dapat mengklasifikasi buah apel sewarna
Kegiatan 2
- Anak dapat mencampur warna merah dan kuning,
merah dan hijau, hijau dan kuning
Kegiatan 3
- Anak dapat membuat sop buah
Bahan/Materi dan
Persiapan yang
dilakukan : Bercakap-cakap buah apel
- Buah Apel
- Gambar Apel
Kegiatan 1. Klasifikasi
- Buah Apel
Kegiatan 2. Pencampuran Warna
- Cat warna
- Gelas
- Sendok
- Air
Kegiatan 3. Sop Buah
- Air
- Gelas/ Mangkok
- Sendok
- Susu/Sirup
- Gula
- Apel
- Anggur
- Blewah
- Buah Naga
Pembukaan (...menit) :
- Berbaris
- Guru mengajak anak melakukan gerak dan lagu "Membuat Lingkaran"
- Guru memberikan salam dan mengajak anak berdoa
- Guru menyiapkan semua materi untuk pembelajaran hari ini di sentra sains
- Guru bercakap-cakap tentang "Apel". Guru bertanya apel itu buah atau sayuran?Apa warna apel? Apa rasa apel? Apa manfaat apel? Siapa yang senang makan apel? dll
- Guru menjelaskan dan mengajak anak bereksplorasi dengan media yang ada
- Guru menyampaikan kegiatan hari ini dengan mengklasifikasi apel berdasarkan warna/sewarna, pencampuran warna, dan pembuatan sop buah
- Guru menjelaskan dan mendemonstrasikan kegiatan 1, kegiatan 2, dan kegiatan 3
- Klasifikasi apel - Anak mengambil apel sewarna dan dipisahkan menurut warna sejenis
- Pencampuran warna - Anak mengambil cat air dan mencampurnya di dalam gelas dengan sendok
- Sop buah - Anak mengambil gula dan air, lalu diaduk di dalam gelas/mangkok. Anak memasukkan buah-buahan dan terakhir dimasukkan sirup/susu
- Guru menyampaikan aturan dalam melakukan kegiatan 1 klasifikasi apel, kegiatan 2 pencampuran warna, dan kegiatan 3 sop buah.
- Sebelum memulai kegiatan anak membuka password kegiatan dengan melompat di apel berwarna merah
- Anak dapat mengklasifikasi apel berdasarkan warna sejenis, mencampur warna, dan membuat sop buah.
Penutup (...menit)
- Kegiatan penutup, anak menyebutkan kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini.
- Guru bertanya tentang pengalaman anak selama kegiatan berlangsung.
- Guru mengajak anak untuk mencoba pengalaman tersebut di rumah seperti mewarnai gambar apel dari hasil pencampuran warna dan membuat sop buah
- Doa, Salam, Pulang
boleh ga kopi paste buat referensi ,makalah niih
BalasHapuskalo buat makalah gpp x yaa..boleh ko'. kalo mo beda tinggal ganti tema nya aja :)
BalasHapustujuan pembelajaran apakah bisa disebut indikator?
BalasHapussehari 1 sentra ajja ya? Mohon bimbingan karna baru terjun diketekaan :)
BalasHapusiya,,sehari 1 sentra..
BalasHapusseperti contoh RKH diatas sentra sains (kegiatan 1, 2 dan 3) fokus pada 3 kegiatan di sentra sains :)
Artikel yang sangat bermanfaat buat para guru PAUD, semoga admin tambah sukses ya? Salam kenal dan salam pendidikan buat teman2 semua. :)
BalasHapusAmiin, sukses dan salam kenal juga untuk +Belajar Membaca dan semuanya =)
BalasHapuskalau format RKHnya bagaimana ya? untuk k13?
BalasHapus